Home » » Macam macam Katuranggan

Macam macam Katuranggan

Katuranggan Ayam Aduan

Sisik Kaki UBED

 Katuranggan merupakan sebuah ciri-ciri dimana ayam biasanya mempunyai kelebihan,dalam melakukan pukulan maupun hantaman jalu.katuranggan disatukan dalam sebuah primbon dalam dunia tarung ayam,yang telah dikumpulkan oleh para petarung petarung pada jaman dulu.disini saya coba akan ulas tentang katuranggan-katuranggan yang telah
saya kumpulkan dari berbagai sumber.
  1. Ayam Kinantan Putih: Bila ayam ber'ules putih bersih (tembus paruh, mata, kaki) kelebihan Ayam Kinantan Putih : membawa keberuntungan dalam perniagaan, sebagai ayam tolak bala penyakit, ataupun juga guna-guna dari ilmu hitam.
  2. Gagak Limang : Bila ayam ber'ules jragem (bulu warna hitam kilap) dengan bulu sayap tumbuh dobel sedangkan pada bentuk sayapnya menyilang menyerupai gunting. Kelebihan Ayam Gagak Limang : Ayam menangan.
  3. Geger Karang : Apabila bagian sayap ayam paling ujung terdapat 1 bulu warna putih. Kelebihan Ayam Geger Karang : Ayam ulet dan tidak mudah menyerah.
  4. Songgo Bumi : Apabila posisi tidur ayam lehernya diselonjorkan lurus kedepan menyentuh tanah. Kelebihan Ayam Songgo Bumi : Ayam mempunyai pola tarung mengunci lawan, tahan pukul, dan mental tarung yang bagus.
  5. Pancuran Emas : Apabila ayam memiliki sisik kaki pada bagian kanan maupun kiri tersusun rapi. Kelebihan Ayam Pancuran Emas : Terhindar dari sial.
  6. Gembolo Geni : Apabila jalu pada kaki ayam kanan kiri tumbuhnya satu saja dan ber'ules kelabu kemerahan dengan sisik kaki warna putih.
  7. Bima Kurda : Apabila pada bagian dada tumbuh bulu-bulu lebar. Kelebihan Bima Kurda : mempunyai wibawa yang bagus dan menangan.
  8. Kadal Meteng : Bila kedua jari tengah ayam terlihat seperti bengkak (bukan bubulan).
  9. Tunggak Alingan : Bila ayam jalannya jinjit jari belakang tidak menyentuh tanah saat jalan.
  10. Basunanda : Apabila ayam memiliki kaki berwarna kelabu kehitaman.
  11. Begananda : Bila ayam memiliki kaki berwarna kuning kemerahan.
  12. Mas Tinuruh : Bila ayam memiliki bulu warna putih kehijauan dengan kaki berwarna kuning.
  13. Mas Sinagling : Bila ayam memiliki bulu warna putih kehijauan dengan kaki berwarna kuning mencolok.
  14. Kopek & Kopyor : Kopek adalah ayam yang pukulannya membutakan mata lawan, sedangkan Kopyor adalah ayam yang penampilannya membuat musuh gemetar.
Adapun menurut sisik sisik kaki :
  1. Sisik batu karang= Dinamakan sisik batu karang apabila ujung jari kaki tampak pecah/terbelah.Keunggulan dapat membutakan mata lawan.
  2. Sisisk naga temurun= Dinamakan naga temurun apabila sisik kaki gares belakang ayam menghadap ke bawah.
  3. Sisik ubed/naga mangsa= Dinamakan sisik ubed apabila terdapat sisik kaki yang melingkar seperti gelang pada kaki ayam.Keunggulannya kalo memukul musuh bisa sempoyongan.
  4. Jalu cantel= Dinamakan jalu cantel apabila jalu melengkung ke atas,senjata misterius yang sering kali membuat lawan tunggang langgang sebelum permainan berakhir.
  5. Pancuran emas= Dinamakan pancuran emas apabila memiliki guratan sisik lurus dan rapi,memiliki pukulan pedas yang tidak dapat diremehkan.
  6. Batu rantai=Dinamakan batu rantai apabila di bawah jari ayam juga terdapat sisik,kelebihannya mempunyai pukulan yang sakit.
  7. Batu lapak=Dinamakan batu lapak apabila dibawah telapak kaki terdapat sisik,kelebihannya mempunyai pukulan mematikan.
Sebenarnya masih banyak macam macam katuranggan,termasuk jenis suro.keterangan diatas bisa di jadikan sedikit pedoman untuk kita memilih ayam aduan,
Share this article :

0 Komentar atau Tanggapan:

Posting Komentar

Dilarang berkomentar Kotor dan sifatnya menghina,
Dilarang berkomentar yang melanggar undang-undang
Dilarang berkomentar sara
Dilarang tawuran

 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011. DUNIA SABUNG - All Rights Reserved
Template Modify by Premium Blogger Templates Inspired Blogger Tricks
Proudly powered by Bloggerfree download all
Design Downloaded from free Blogger templates | free website templates | Seodesign.us | Funny Sport Videos.